UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS IV SD

Ikhwan Efendi

Abstract


Abstrak : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Instruction Di Kelas IV SD. Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahami Rangka Manusia di kelas V SD Negeri 217 Hutapungkut Julu. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 217 Hutapungkut Julu dengan jumlah siswa 25 orang, 13 orang diantara perempuan dan 12 orang laki-laki. Diperoleh data peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dengan presentase ketuntasan sebesar 36% dan skor nilai ketuntasan kelas sebesar 31,6%. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,2%. Dengan peningkatan nilai sebesar 12,3. Demikian juga dengan aktivitas guru terjadi peningkatan sebesar 10%.


Kata Kunci : Problem Based Instruction, IPA, Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i3.8853

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 137 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ikhwan Efendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.