UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VI SD

Nurisah Nurisah

Abstract


Abstrak : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Di Kelas VI SD. Tujuan penelitian untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahami penyajian dan pengolahan data di kelas VI SD Negeri 217 Hutapungkut Julu. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI dengan jumlah siswa 21 orang, 10 orang diantara perempuan dan 11 orang laki-laki. Diperoleh data peningkatan hasil belajar matematika siswa dari siklus I ke siklus II dengan presentase ketuntasan 47,6% dan peningkatan skor nilai ketuntasan kelas 22,7%. Terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II 12,2% dan peningkatan 12,4%. Demikian juga terjadi peningkatan aktivitas guru 10%.


Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Matematika, Aktivitas Siswa dan Hasil Nilai Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i3.8856

Article Metrics

Abstract view : 249 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nurisah Nurisah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.