PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS SUDIRMAN

Fanny Puspita Sari, Slameto Slameto, Elvira Hoesein Radia

Abstract


Abstrak : Penerapan Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus Sudirman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solvingterhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan Nonequivalen Control Group Design pada siswa kelas IV. Subyek penelitian melibatkan kelas IV pada Gugus Sudirman yaitu 52 siswa. Hasil yang didapat dalam penelitian yaitu (1) guru berharap agar siswa selalu kreatif dan aktif merespon pembelajaran, (2) kedua model ini menekankan pada permasalahan (3) model Problem Based Learning dan Problem Solvingsangat baik digunakan di kelas karena sama-sama dapat meningkatkan hasil belajar siswa tetapi model Problem Based Learning lebih baik secara signifikan.


Kata Kunci : Problem Based Learning, Problem Solving, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9515

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fanny Puspita Sari, Slameto Slameto, Elvira Hoesein Radia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.