KEEFEKTIFAN MEDIA KADOR PADA PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 3 SD

Farida Mushthofaiyyah

Abstract


Abstrak : Keefektifan Media Kador Pada Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 3 SD. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan Media Kador (Kantong Doraemon) pada model teams games tournament siswa kelas III SD Negeri 03 Sepakung dilihat dari hasil belajar kognitif siswa. Analisis data diperoleh dari hasil tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pretest dan postest yang sudah dilakukan. Rata-rata pretest yang diperoleh siswa sebesar 49,23 dengan nilai tertinggi 83 dan nilai terendah 22. Sedangkan nilai rata-rata postest yang diperoleh sebesar 70,23 dengan nilai tertinggi 87 dan nilai terendah 61. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel (17,325>1,708) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci : Kador, Model Teams Games Tournament, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9909

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Farida Mushthofaiyyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.