PENGARUH PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD 101775

Effendi Manalu, Nurazizah Tanjung

Abstract


Abstrak : Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 101775. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching Learning) terhadap Hasil Belajar IPA siwa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan pendekatan Kuantitatif. Pengolahan data dilakukan dengan uji-t. variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah Pendekatan CTL (X) dan Hasil Belajar siswa (Y). Berdasarkan Hasil Perhitungan dengan menggunakan Uji t dengan alfa 0.05 dengan DB 2 maka di peroleh nilai thitung = 6,53 dan nilai ttabel=1,675. karena thitung > ttabel (6.53 > 1,675) pada taraf signifikan nyata (α= 0,05), maka dapat disimpulkan Ha diterima.

Kata Kunci : CTL, Signifikan, Obsevasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9913

Article Metrics

Abstract view : 162 times
PDF - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Effendi Manalu, Nurazizah Tanjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.