PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTU MEDIA TTS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SD

Meira Rohmah Fikoyati, Maryadi Maryadi, Arfilia Wijayanti

Abstract


Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantu Media TTS Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas III SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model team game tounament berbantu media TTS materi perubahan sifat benda terhadap hasil belajar IPA kelas III SDN Sendangmulyo 03 Semarang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Eksperimental Design dengan bentuk Pretest Posttest Control Design. Sampel yang diambil adalah dua kelas siswa dari kelas III SDN Sendangmulyo 03 Semarang yang berjumlah 80 orang dengan menggunakan teknik Non Probabiliy Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dari hasil analisis uji regresi diperoleh pengaruh aspek psikomotor siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 79%.


Kata Kunci : Model Team Game Tournament, Media TTS, Perubahan Sifat Benda, Hasil Belajar IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9917

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Meira Rohmah Fikoyati, Maryadi Maryadi, Arfilia Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.