EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENILAIAN KOGNITIF SUBTEMA KESEIMBANGAN EKOSISTEM KELAS V SD

Sucia Astyaningrum, Suyitno YP

Abstract


Abstrak : Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Penilaian Kognitif Subtema Keseimbangan Ekosistem Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model problem based learnng terhadap penilaian kognitif pada subtema keseimbangan ekosistem. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Candi 03 Semarang pada kelas V yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukan bahwa pada pembelajaran subtema 3 keseimbangan ekosistem menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkat. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung=12,835 dengan taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel = 1,671 karena thitung (11,7049) > ttabel (1,671).

Kata Kunci : Efektivitas, Model Problem Based Learning, Penilaian Kognitif, Keseimbangan Ekosistem


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9927

Article Metrics

Abstract view : 192 times
PDF - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sucia Astyaningrum, Suyitno YP

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.