KEEFEKTIFAN MEDIA MONOPOLI DESICAPER PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD
Abstract
Abstrak : Keefektifan Media Monopoli Desicaper Pada Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Media Monopoli Desicaper pada Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Yosorejo. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain Pre-Experimental bentuk One Group Pretest-Postest. Sampelyang diambil adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Yosorejo. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar rata-rata pretest sebesar 39,70 dan postest sebesar 70,48. Dengan demikian model pembelajaran sukses memberikan perbedaan artinya efektifdigunakan. Pada pengujian hipotesis,dengandf=19 dan tarafnyata 5% menyatakan bahwa uji korelasi pearson product moment dimana nilai koefisien korelasi r Pearson sebesar 0,770 dengan p value 0,000 < 0,05 maka diterima, artinya hubungan antara pretest dan posttest signifikan.
Kata Kunci : Monopoli Desicaper, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9929
Article Metrics
Abstract view : 112 timesPDF - 72 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 I’anatur Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.