KEEFEKTIFAN MEDIA MONOPOLI DESICAPER PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD

I’anatur Rahmawati

Abstract


Abstrak : Keefektifan Media Monopoli Desicaper Pada Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Media Monopoli Desicaper pada Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Yosorejo. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain Pre-Experimental bentuk One Group Pretest-Postest. Sampelyang diambil adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Yosorejo. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar rata-rata pretest sebesar 39,70 dan postest sebesar 70,48. Dengan demikian model pembelajaran sukses memberikan perbedaan artinya efektifdigunakan. Pada pengujian hipotesis,dengandf=19 dan tarafnyata 5% menyatakan bahwa uji korelasi pearson product moment dimana nilai koefisien korelasi r Pearson sebesar 0,770 dengan p value 0,000 < 0,05 maka diterima, artinya hubungan antara pretest dan posttest signifikan.

Kata Kunci : Monopoli Desicaper, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i1.9929

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 I’anatur Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.