PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA SD

Nurhairani Nurhairani

Abstract


Abstrak : Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD. Pelaksanaan pembelajaran Konsep Dasar IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dilakukan dalam tiga kegiatan utama; (1) dilakukan dengan penyajian pokok materi dan tujuan pembelajaran dalam bentuk pertanyaan atau masalah yang harus dijawab oleh mahasiswa setelah melakukan proses IPA tertentu, dan mahasiswa mempelajari petunjuk umum kegiatan dan lembar kerja. (2) Penyajian atau kegiatan inti, di bawah bimbingan dosen mahasiswa melakukan proses IPA mulai dari menyusun hipotesis, melakukan pengamatan, pengukuran, pengklasifikasian, penyimpulan, dan melaporkan hasil-hasilnya, baru bersama dosen membahas hasil temuannya. (3) Dosen melakukan evaluasi keberhasilan proses pembelajaran dan dilanjutkan dengan penguasaan kepada mahasiswa untuk perbaikan dan pengayaan.


Kata Kunci : Pendekatan Keterampilan Proses, Matakuliah Konsep Dasar IPA SD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9932

Article Metrics

Abstract view : 461 times
PDF - 2088 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Nurhairani Nurhairani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.