PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA MARISI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Putri Septia Gesima, Sanggup Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen oleh siswa kelas X SMA Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Marisi Medan yang berjumlah 290 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-III yang berjumlah 37 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau acak kelas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Nilai rata-rata pre-test adalah 65,81 , sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 78,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 14,6 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 37-1 = 36. Dari df = 36 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,028. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 14,6 > 2,028. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen oleh siswa kelas X SMA Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kontekstual, nilai-nilai cerpen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i4.3810

Article Metrics

Abstract view : 102 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Putri Septia Gesima, Sanggup Barus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License