EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Nur Aisyah Harahap, Wisman Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa kelas eksperimen setelah diajarkan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining diperoleh rata-rata nilai sebesar 86,13 dengan standar deviasi sebesar 9,11 dan hasil uji normalitas diperoleh nilai Lhitung < Ltabel yaitu 0,0734 < 0,1610 (normal). Sedangkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas kontrol setelah diajarkan menggunakan model demonstration diperoleh rata-rata nilai sebesar 79,33 dengan standar deviasi sebesar 9,18 dan hasil uji normalitas diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1050 < 0,1610 (normal). Hasil uji homogenitas data kedua kelas diperoleh nilai Fhitung < Ftabel yaitu 1,02 < 1,85 (homogen). Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,83 > 1,67 sehingga Ho ditolak atau terima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan tahun ajaran 2014/2015.

 

Kata Kunci:  Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Kemampuan Menulis Teks Berita


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v4i3.3823

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Nur Aisyah Harahap, Wisman Hadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License