ILMU RETORIKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Mulkan Andika Situmorang

Abstract


Penelitian ini mengenai ilmu retorika dalam pembelajaran bahasa
Indonesia. Fokus pembahasan dalam penelitian ini melihat perbedaan guru yang
menguasai retorika dengan guru yang hanya sekadar menguasai ide/ konsep. Tujuan
penelitian mini ini untuk menjawab apa yang menyebabkan ada seorang guru yang
diidamkan siswa dan mengapa ada guru yang dirasa sangat membosankan, padahal
sama-sama mendidik/ mengajar bahkan sama-sama membawakan pelajaran bahasa
Indonesia. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara. Data tersebut
dianalisis dan diinterpretasikan dengan menggunakan konsep “Pengolahan ide yang
baik” menurut Triono (2005: 67) yakni a.sukses membuka, b. sukses member
masalah, c. sukses memberi solusi, dan d. sukses menutup. Lokasi penelitian di SMK.
DR. Sjahrir Medan. Temuan berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran dan minat siswa ketika guru
menerapkan ilmu retorika dalam mengajar .



DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5201

Article Metrics

Abstract view : 390 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)