PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA FMIPA PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE

Ade Andriani, Mukhtar, Kms. M. Amin Fauzi,

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini menyelidiki peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa berdasarkan kecerdasan emosional dan interaksinya dengan pendekatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Data diperoleh melalui tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan uji Anava dua jalur. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji homogenitas dan normalitas pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 0,48   dan kelas kontrol adalah 0,38 dengan nilai sig = 0,02. Ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik yang diajarkan dengan pembelajaran Improve lebih tinggi dari pada pembelajaran langsung. Tidak terdapat perbedaan peningkatan kecerdasan emosional mahasiswa yang diajarkan  dengan pembelajaran Improve dibandingkan dengan  pembelajaran langsung, dengan nilai F hitung 1,54  dan sig. sebesar 0,211.

 

Kata kunci: IMPROVE, Pemecahan Masalah, Kecerdasan Emosi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i1.2743

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.