PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Wanda Ari Rebowo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan (1) pembelajaran video dengan pembelajaran berbasis masalah yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru dan (2) mengetahui kenaikan hasil belajar siswa dengan menggunaan media pembelajaran video pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini digolongkan kedalam  jenis penelitian dan pengembangan pendidikan modifikasi Gall & Borg. Sampel uji coba pada siswa kelas IVA berjumlah 33 siswa dan sampel uji  t menggunakan 2 kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar validasi ahli media, (2) Tes hasil belajar, (3) Angket guru, dan (4) angket siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil pemberian angket kelayakan video pembelajaran ditinjau dari pendapat guru memperoleh persentase rerata  skor 90% yang berada dalam kategori “sangat baik”. (2) hasil pemberian angket kelayakan video pembelajaran ditinjau dari pendapat siswa memperoleh rerata skor 94% yang berada dalam kategori “sangat baik”, (3) hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat sebesar 25,10% dan hasil belajar kelas kontrol meningkat sebesar 11,81% (4) Pengujian hipotesis menerima Ha yaitu penggunaan media video pembelajaran berbasis masalah lebih baik hasil belajar dibanding tidak menggunakan media video.

 

Kata Kunci : Video pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i2.2752

Article Metrics

Abstract view : 2225 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.