PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH( ICM ) SISWA MIS IKHWANUL MUKMININ BINJAI

Mufarizuddin Deny Setiawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosentase peningkatan (1) Hasil belajar siswa, dan (2) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran PPKn pada Materi Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan dengan menggunakan strategiindex card match di kelas IV MIS Ikhwanul Mukminin. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang  dilakukan melalui dua siklus, terdiri dari tahapan perencaaan (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observation), dan refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MIS Ikhwanul Mukminin Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang.Instrumen pengumpulan data hasil belajar PPKn dengan menggunakan tes hasil belajar dan aktivitas belajar PPKn siswa dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan observasi.

 

Kata kunci :strategiindex card match, hasil belajar, aktivitas belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v21i2.2756

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.