PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA SANTO YOSEPH MEDAN

Poltak Rianto Tampubolon

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMA Santo Yoseph Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling, dan diperoleh masing-masing terdiri dari 39 untuk kelas eksperimen dan 37 orang untuk kelas kontrol. Metode penelitian  yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif Tipe STAD, (2) Hasil hasil belajar matematika antara kelompok  dengan kreativitas tinggi berbeda dengan kreatifitas rendah pada taraf signifikansi α = 0,05, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar. Semakin tepat strategi pembelajaran yang digunakan, maka semakin tinggi hasil belajar matematika siswa. Semakin tinggi kreativitas siswa semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

 

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, pembelajaran matematika, kreatifitas siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v23i1.6224

Article Metrics

Abstract view : 855 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.