PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA SMK NEGERI 2 MEDAN

Zulkifli Matondang Lisa Gusmira

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar konstruksi bangunan dengan menerapkan model pembelajaran quantum teaching. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diambil dari lembar observasi dan tes hasil belajar yang sebelumnya telah di uji instrumen. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Medan dengan jumlah sampel 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I yang mencapai kriteria aktif ialah sebanyak 9 siswa dan pada siklus II ialah sebanyak 26 siswa dengan nilai rata-rata akhir yaitu 80,33. Hasil belajar pada siklus I, persentase kelulusan yaitu 66.67% dengan nilai  rata‑rata 73,97 dan pada siklus II persentase kelulusan yaitu 86,67% dengan nilai  rata‑rata 81,75. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan dua siklus, model pembelajaran quantum teaching telah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMK Negeri 2 Medan.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran,  QuantumTeaching, Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/pelangi.v23i1.6226

Article Metrics

Abstract view : 489 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.