PERBEDAAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA GAMBAR PADA SUB MATERI TUMBUHAN PAKU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual dan media gambar pada sub materi tumbuhan paku di kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri PAB 4 Sampali tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 101 orang. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling yaitu mengambil dua kelas sebagai sampel maing- masing kelas berjumlah 32 siswa. Kelas XB menggunakan media gambar dan kelas XC menggunakan media Audio-Visual. Hasil penelitian nilai rata-rata kelas Audio-Visual 81,125 ± 8,45 sedangkan pada kelas gambar 74,87 ± 8,87. Terdapat perbedaan antara media Audio-visual dan media gambar sebesar 6,25. Hasil penelitian motivasi belajar siswa kelas audio visual sebesar 72,29 sedangkan kelas gambar 69,4. Adanya perbedaan hasil belajar ini terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-test dan P > 0,05, (thitung 2,89 > ttabel 1,99). Sedangkan motivasi belajar siswa tidak terdapat perbedaan terbukti melalui uji t-test (thitung 0,20 < ttabel 1,99). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media audio visual dan media gambar pada sub materi tumbuhan paku di kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2015/2016. Tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual dan media gambar pada sub materi tumbuhan paku di kelas X SMA PAB 4 Sampali Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Media Audiovisual, Media Gambar, Hasil Belajar Siswa, Motivasi BelajarFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4020
Article Metrics
Abstract view : 224 timesPDF - 149 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217