PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA HERBARIUM DAN CHARTA PADA MATERI SPERMATOPHYTA DI KELAS X SMA SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN

Erlikasna Ginting, Martina Asiati Napitupulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan
menggunakan media herbarium dan media charta pada materi Spermatophyta di kelas X SMA Swasta
Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X1
menggunakan media herbarium dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas X2 menggunakan media charta
dengan jumlah siswa 32 orang . Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa
menggunakan media charta ( ) = 81,71 dengan nilai standar deviasi (SD) = 11,04 lebih baik dari ratarata
hasil belajar siswa menggunakan media herbarium ( ) = 75,31 dengan nilai standar deviasi (SD) =
12,11. Hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05 dan db = 62, diperoleh
thitung > ttabel (2,21 > 1,99), sehingga dalam penelitian ini hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa
dengan menggunakan media herbarium dan media charta pada materi Spermatophyta di kelas X SMA
Swasta Mulia Pratama Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Herbarium, Media Charta, Spermatophyta.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i3.5308

Article Metrics

Abstract view : 112 times
Untitled - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217