UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 TANJUNGBALAI

Candri Wijaya

Abstract


Permasalahan yang terjadi dalam rangka pelaksanaan PTK ini adalah belum tercapainya nilai KKM dalam
pembelajaran IPA. Oleh sebab itu, diperlukan satu penelitian bagaimana upaya untuk meningkatkan hasil
belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan alat
laboratorium melalui metode make a match di kelas VII SMP Negeri 3 Tanjungbalai. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar IPA dalam bentuk pilihan
ganda. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa dari setiap siklus. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar
IPA mulai pra siklus 53,5 meningkat pada siklus I menjadi 64,25 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,75.
Perolehan hasil belajar IPA siswa termasuk dalam kategori baik dan tuntas karena nilai pada siklus II tersebut
telah mencapai KKM ≥ 70 yang telah ditetapkan di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa Penggunaan Alat Laboratorium Melalui Metode Make A Match dapat Meningkatkan Hasil
Belajar IPA pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Tanjungbalai Kelurahan Pematangpasir Kecamatan
Teluknibung Kota Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2017/2018.”
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Alat Laboratorium, Make A Match, Siswa Kelas VII

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6711

Article Metrics

Abstract view : 425 times
PDF - 1324 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217