PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN LKS DI KELAS X SMA SWASTA AL-HIDAYAH MEDAN

Khairun Nisa, Melva Silitonga, Rika Khairani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Dengan
Menggunakan Media Audio Visual Dan LKS di Kelas X Sma Swasta Al-Hidayah Medan T.P 2016/2017. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan yang terdiri dari dua kelas dengan
jumlah siswa seluruhnya 60 orang. Sedangkan sampel diambil secara mengundi sebanyak dua kelas yaitu X1
sebagai kelas penggunaan media Audio visual dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X2 sebagai kelas
penggunaan media LKS dengan jumlah siswa 30 orang sehingga jumlah total sampel dalam penelitian ini
sebanyak 60 orang dan jenis penelitian yang dilakukan itu adalah eksperimen. Dari hasil analisis data diperoleh
nilai rata-rata hasil postest pada kelas X1 media Audio visual sebesar 74,99 dan nilai rata-rata postest yang
diperoleh pada kelas X2 LKS (lembar kerja siswa) sebesar 65,47. Dengan demikian hasil belajar siswa dengan
menggunakan media pembelajaran Audio visual lebih baik dari pada media pembelajaran LKS. Adanya
perbedaan hasil tersebut dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa
maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa
pada materi virus dengan menggunakan media audio visual dan LK (lembar kerja) di kelas X SMA Swasta Alhidayah
Medan tahun pembelajaran 2016/2017.
Kata kunci : Hasil belajar, Audio visual, LKS, Virus

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v4i4.6716

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217