PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING LABORATORY PADA MATAKULIAH PRAKTIKUM BIOLOGI SISTEM

Halim Simatupang, Aryeni Aryeni, Dirga Purnama

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengembangkan penuntun praktikum dan pedoman penilaian
praktikum biologi sistem dengan implementasi model Problem Solving Laboratory untuk meningkatkan
kemampuan literasi sains; 2) Mendeskripsikan proses praktikum biologi sistem dengan implementasi model
Problem Solving Laboratory untuk meningkatkan kemampuan literasi sains., 3) Mendeskripsikan peningkatan
literasi sains mahasiswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan Penelitian dan
Pengembangan (Research and Development), Model Dick, Carey, & Carey. Analisis data dalam penelitian ini
adalah deskriptif, yaitu menjelaskan suatu permasalahan gejala, atau keadaan sebagaimana adanya data yang
diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Hasil penelitian a) Rerata Ranah sikap dan berpikir ilmiah
praktikum biologi sistem berbasis problem solving laboratory pada praktikum pertama dengan judul uji Glukosa
dengan fehling A dan B yaitu kelompok 1 sebesar 48,8%, kelompok 2 sebesar 47,6%, kelompok 3 sebesar
48,4%, dan kelompok 4 sebesar 35,3%. Pada praktikum kedua dengan judul uji Yodin pada amilum yaitu yaitu
kelompok 1 sebesar 84,2%, kelompok 2 sebesar 83,7%, kelompok 3 sebesar 85%, dan kelompok 4 sebesar
85,1% dengan rerata peningkatan sekitar 34,8%; b) Rerata ranah keterampilan proses sains praktikum biologi
sistem berbasis problem solving laboratory pada praktikum pertama dengan judul uji Glukosa dengan fehling A
dan B yaitu kelompok 1 sebesar 65%, kelompok 2 sebesar 60%, kelompok 3 sebesar 67,5%, dan kelompok 4
sebesar 70%. Pada praktikum kedua dengan judul uji Yodin pada amilum yaitu kelompok 1 sebesar 87,5%,
kelompok 2 sebesar 82,5%, kelompok 3 sebesar 85%, dan kelompok 4 sebesar 90% dengan rerata peningkatan
sekitar 20,65%. Peningkatan literasi sains yang dipengaruhi oleh penerapan model problem solving laboratory
dilihat dilihat dari 2 aspek yaitu 1) peningkatan sikap dan berpikir ilmiah sekitar 34,8% dan 2) Keterampilan
proses sains dengan peningkatan sekitar 20,65%.
Kata Kunci: problem solving laboratory, Literasi Sains

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.8436

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 574 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217