PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR

Eva Marlina Ginting, Mutiara Azmi Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran Inquiry Training pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X  MAN Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XMia 2 sebagai kelas eksperimen dan XMia 1 sebagai kelas kontrol yang masing- masing terdiri dari 31 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,32 dan kelas kontrol 43,06. Kemudian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran Inquiry Training pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 85,16 dan kelas kontrol 76,93. Dan rata- rata nilai aktivitas siswa selama empat kali pertemuan adalah 75,09%, dalam kategori aktif. Dari hasil uji t satu pihak diperoleh ada pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di MAN Lubuk Pakam. Dari data yang diperoleh maka disimpulkan ada pengaruh Inquiry Training dalam meningkakan aktivitas belajar pada materi pokok Suhu dan Kalor di MAN Lubuk Pakam

Keywords


Inquiry Training, hasil belajar, aktivitas

Full Text:

PDF

References


D.M. Pardede dan S.R. Manurung. 2016. Pengaruh Model Jurnal Pendidikan Fisika Pembelajaran Inquiry Training dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN 2252-732X e-ISSN 2301-7651 Vol. 5 (1)

Harahap, R.H. dan Harahap, M.B., (2012), Efek Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa, Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 4 : 32-37

Ida Wahyuni dan Desri S, Sipaga. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika. ISSN 2461-1247 Vol. 1 (1).

Joyce, B. 2009. Models of Teaching (8th editions). USA: Pearson

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika . Bandung : PT. Tarsito Bandung

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.10001

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN