FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEPUASAN KERJA GURU SD

Paningkat Siburian

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh budaya organisasi, pengambilan keputusan, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD peserta PLPG Tahun 2013 Gelombang ke – 5 di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode survey yang sifatnya exploratory dengan jumlah responden sebanyak 112 orang yang diambil dengan sampling random proporsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi kepuasan kerja, sedangkan pengambilan keputusan, dan motivasi kerja secara langsung mempengaruhi kepuasan kerja guru SD. .
Kata kunci: Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi, Pengambilan Keputusan, Motivasi Kerja .

Keywords


Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi, Pengambilan Keputusan, Motivasi Kerja .

Full Text:

PDF

References


Colquitt, Jason A., Jeffery A. Lepine, dan Michael J. Wesson. 2009. Organizational Behaviour. Improving Perfomance and Commitment in the Workplace. New York : McGraw-Hill Companies, Inc.

Djaali dan Pudji Muljono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Gibson, James L., John M. Ivancevich, dan James H. Donnelly. 1993. Organisasi. Jilid 2. Terjemahan oleh Savitri Soekrisno dan Agus Dharma, Jakarta : Erlangga.

Gibson, James L., John M. Ivancevich, dan James H. Donnelly. (1996). Organisasi, Terjemahan oleh Nunuk Adiarni, Jakarta : Binarupa Aksara

Greenberg, Jerald dan Robert A. Baron. 2005. Behavior in Organizations. Boston: Allyn and Bacon.

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2003. Perilaku Organisasi, Terjemahan oleh Erly Swandy, Jakarta: Salemba Empat

Lok, Peter dan John Crawford. 2004. The Effect of Organizational Culture and Leadership Style on Job Satisfaction and Organisational Commitment. A Cross-National Comparison. The Journal of Management Development; 2004; 23, ¾; ABI/INFORM Global, 321-338

Mullins, Laurie J. 2005. Management and Organisational Behaviour. London: Prentice Hall.

Newstrom, John W. 2007. Organizational Behavior. Human Behavior at Work. New York : McGraw- Hill Companies.

Pakpahan,Wannen. 2009. Pengaruh Pengetahuan Manajerial, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Kepala Sekolah SMK Negeri di Provinsi DKI Jakarta. Sinopsis Disertasi tidak diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v20i1.3071

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)