EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN PERADILAN RAKYAT KARYA PUTU WIJAYA OLEHSISWA KELAS X SMA SWASTA MARISI MEDANTAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Deby Maria Juliana Purba, Sanggup Barus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen Peradilan Rakyat karya Putu Wijaya oleh siswa kelas X SMA Swasta Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Marisi Medan yang berjumlah 109 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 36 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain two  group post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 64,8 , sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen  lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,96 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 36. Dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa th > ttabel , yakni 7,96 > 2,03. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen Peradilan Rakyat karya Putu Wijaya oleh siswa kelas X SMA Swasta Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, cerpen, unsur intrinsik

 




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v21i2.3765

Article Metrics

Abstract view : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)