PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 DOLOK PANRIBUAN

Henok Siagian dan Winro Abrianto Samosir, Winro Abrianto Samosir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD menggunakan media macromedia flashterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Panribuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan car cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XIIPA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media macromedia flash dan kelas XIIPA3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang diajar dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Instrumen tes hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi aktivitas siswa kelas eksperimen. Hasil uji kemampuan awal diperoleh rata-rata hasil pretes kedua kelas sampel dengan thitung=0,24 dan ttabel =1,99, Karena thitung<ttabel  maka kemampuan awal kedua kelas dianggap sama. Selama proses pembelajaran aktivitas siswa ada peningkatan. Hasil uji t rata-rata postes kedua kelas sampel diperoleh thitung=5,62 dan ttabel=1,67 karena thitung>ttabel(5,62>1,67), ini berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media macromedia flashterhadap hasil belajar siswapada materi pokok Fluida Statis kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Panribuan.


Keywords


Model, Kooperatif, STAD, Media Macromedia Flash, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. 2006. Macromedia Flash 8. Yogyakarta:

Penerbit Andi.

Andriani, T. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe STAD Terhadap Belajar

Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis

Kelas X Semester II SMA Negeri 2 Kota

Pematang Siantar T.P. 2012/2013, Skripsi

FMIPA Unimed, Medan.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung:

Penerbit Alfabeta.

Lie, A. 2010. Cooperative Learning. Jakarta:

Grasindo

Nasution, Akhmad F. 2014. Pengaruh model

kooperatif tipe student teams achievement

division (stad) terhadap hasil belajar fisika

pada materi pokok usaha dan energi dikelas

VIII SMP AL-HIDAYAH Medan T.P

/2014 . S kr ip s i. Me da n: F MI P A

U n im e d.

Rohani, A. 2004.Pengelolaan Pengajaran, Jakarta :

Penerbit Rineka Cipta..

Sanjaya, W. 2011.Srategi Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.Jakarta :Kencana

Prenada Media Group.

Slavin, RE. 2009.Cooperative Learning diterjemahan

oleh Narulita Yusron, Bandung:Nusa

Media.

Sudjana. 2009.Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana Prenada

Media Group

Simarmata, U. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X

SMA.(Jurnal Vol. 2 No. 1 Pebruari

.Inpaf.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpbp.v22i2.6559

Article Metrics

Abstract view : 224 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN