PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELASXI IPA-1 SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN

Lesna Tarida

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran snowball throwing sebagai upaya meningkatkan aktivitas  belajar dan hasil belajar yang bermuara pada peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PKn. Siklus I mencapai rata-rata  69,09 dengan ketuntasan klasikal 36,36% dan Siklus II mencapai 86,97 dengan ketuntasan klasikal 90,90%.  Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain  menulis dan membaca (47%), mengerjakan LKS (34% ), bertanya pada teman (4%), menjawab pertanyaan teman (4%), bertanya kepada guru (3%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (9%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain menulis dan membaca (31%), mengerjakan LKS (44%), bertanya pada  teman (11%), menjawab pertanyaan (9%),  bertanya kepada guru (1%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (3%).

Kata Kunci : Model, Snowball Throwing, Hasil belajar

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v3i2.2938

Article Metrics

Abstract view : 436 times
PDF - 2002 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.