UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 168294 TEBING TINGGI

Rotua Pasaribu

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan dalam PTK ini adalah Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa untuk “Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat” melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Proses Belajar Mengajar (PBM)  Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 168294 Tebing Tinggi? dan Bagaimana siswa menyikapi relevansi penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD  pada PBM Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan  hasil belajar?     Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 168294.  Objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 168294 Tebing Tinggi  yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yaitu, Siklus awal (45,71 %), Siklus I (76,26 %), Siklus II (92,18%). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan metode Tipe Kooperatif  STAD padamata pelajaran PKNdapat membantu siswa dalam memahahi konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama.

 

Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Metode STAD

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i2.6861

Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF - 281 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.