Peningkatan Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016-2017

Ratna Dewi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Dari observasi dapat diketahui bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 68,65 dengan persentase ketuntasan 50% di mana jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 13 orang dari jumlah seluruh siswa sebanyak 26 orang. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dimana perolehan nilai rata-rata mencapai 80,57 dengan persentase ketuntasan 92,35% dimana jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 24 orang dari jumlah seluruh siswa sebanyak 26 orang. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih paham mengikuti pembelajaran IPA melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri

Keywords


Hasil Belajar; Pembelajaran Inkuiri; IPA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10401

Article Metrics

Abstract view : 391 times
PDF - 516 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.