Peningkatan Hasil Belajar PKn Siswa Menggunakan Metode Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan Tahun Pelajaran 2016-2017

Siti Aisyah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan yang berjumlah 28 siswa. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Pada pra-siklus diketahui nilai rata-rata siswa hanya mencapai 66,25 dengan persentase ketuntasan mencapai 23,33%. Setelah diterapkan metode Team Assisted Individualization (TAI), hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I mencapai 72,85 dengan pesentase ketuntasan 57,17% dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 81,07 dengan persentase ketuntasan mencapai 82,14%. Ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Team Assisted Individualization (TAI) untuk meninggkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 050747 Pangkalan Berandan Tahun Pelajaran 2017-2018 sehingga 58,81% poin. Oleh karena itu TAI bisa menjadi alternatif metode untuk meningkatkan persentasi ketuntasan belajar siswa.

Keywords


Hasil Belajar, Metode Team Assisted Individualization (TAI), Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10402

Article Metrics

Abstract view : 278 times
PDF - 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.