MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VII-B SMP N 4 SEI LEPAN T.A. 2015/2016

Sutarno Sutarno

Abstract


Pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran di sekolah.
Pembelajaran yang lebih dominan berpusat pada guru kurang memberikan
pengalaman kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan siswa, akibatnya
hasil belajar siswa tidak mengalami peningkatan.Salah satu model pembelajaran
yang dapat diterapkan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah
pembelajaran kooperatif tipe TTW.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini di laksanakan di
SMP N 4 Sei Lepan Kabupaten Langkat, pada kelas VII B. Subjek penelitian
adalah 32 orang siswa kelas VII B SMP N 4 Sei LepanTahun Ajaran 2015/2016.
Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TTW.Data yang didapatkan dianalisis dengan
menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukan adanya
peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I dengan persentase
kenaikan nilai rata-rata (M) sebesar 8,29% dan daya serap siswa (DS) 8,29%
serta ketuntasan belajar (KB) sebesar 50%. Dari siklus I ke siklus II dengan
persentase kenaikan nilai rata-rata (M) dan daya serap siswa (DS) 14,17% serta
ketuntasan belajar (KB) sebesar 66,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.


Keywords


Pembelajaran kooperatif, TTW, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Al Bahri, Dahlan. 1994. Kamus Modern Bahasa Indonesia. Yogyakarta, Arloka.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. JakartaPT Rineka Cipta

Hamalik,O. 2010.Kurikulum Pembelajaran. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan,

dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i1.4557

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.