Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Stabat Melalui Diskusi Dalam Kelompok-Kelompok Kecil Tahun Ajaran 2014/2015

Farida Farida

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah dilaksanakan mulai tanggal 16 s/d 27 November 2013, melalui tiga siklus ini dilaksanakan dengan lokasi di SMP Negeri 5 Stabat yang subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Stabat tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa seluruhnya 32 orang. Jadi dalam PTK, apa yang akan dilakukan guru peneliti membuat perencanaan sendiri, melaksanakannya sendiri, mengamatinya sendiri dengan partisipasi teman sejawat (prinsip kolaboratif), direfleksi sendiri dan disimpulkan sendiri tingkat keberhasilannya. Guru membuat tolak ukur keberhasilannya sendiri. Tes yang dibuat guru adalah LKS dan Tes formatif yang divaliditasi oleh dosen pembimbing. Dari siklus I, siklus II dan siklus III bahwa untuk bobot B (baik) berturut-turut 6,7% menjadi 13,3% akhirnya 89% Hal ini menunjukkan kenaikan-kenaikan yang berarti. Hal ini pula bahwa melalui diskusi dalam kelompokkelompok kecil, upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Stabat pada pokok bahasan Teorema Pythagoras tercapai.


Keywords


Hasil Belajar, Diskusi Kelompok Kecil, Teorema Phytagoras

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i3.4574

Article Metrics

Abstract view : 236 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.