Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-NHT dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-TGT, hasil belajar fisika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar fisika. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian diperoleh; hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-NHT lebih tinggi daripada hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-TGT, hasil belajar fisika siswa dengan motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar fisika siswa dengan motivasi berprestasi rendah, terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika siswa.
Keywords
model pembelajaran kooperatif; motivasi berprestasi; hasil belajar; fisika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9694
Article Metrics
Abstract view : 149 timesPDF - 106 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.