Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika

Ebtan Sihotang, Mukhtar Mukhtar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-NHT  dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-TGT, hasil belajar fisika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar fisika. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada  signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian diperoleh; hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-NHT lebih tinggi daripada hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-TGT, hasil belajar fisika siswa dengan motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar fisika siswa dengan motivasi berprestasi rendah, terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika siswa.

Keywords


model pembelajaran kooperatif; motivasi berprestasi; hasil belajar; fisika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9694

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.