Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika

Authors

  • Ebtan Sihotang SMA Negeri 1 Air Putih dan Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Medan, Medan 20221, Sumatera Utara
  • Mukhtar Mukhtar SMA Negeri 1 Air Putih dan Prodi Pendidikan Fisika, Pascasarjana, Universitas Negeri Medan, Medan 20221, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9694

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, motivasi berprestasi, hasil belajar, fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-NHT  dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-TGT, hasil belajar fisika siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar fisika. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada  signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian diperoleh; hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-NHT lebih tinggi daripada hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe-TGT, hasil belajar fisika siswa dengan motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar fisika siswa dengan motivasi berprestasi rendah, terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika siswa.

Downloads

Published

2017-08-30