PERBEDAAN PENGUASAAN KETERAMPILAN KLINIS VENA PUNKSI DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN STUDY GUIDE MENGGUNAKAN DAN TANPA VIDEO

Meizly Andina, Irfan Hamdani

Abstract


"> Abstrak: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menerapkan
kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan tujuan menghasilkan dokter yang mampu bekerja
profesional dalam melayani masyarakat dan mampu mengikuti dan memanfaatkan
perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir. Salah satu keterampilan klinis yang harus dikuasai
seorang dokter adalah vena punksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental
eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain "The Statistic Group Comparison” dengan
dua kelompok penelitian. Kelompok pertama menggunakan media video (kelompok eksperimen),
sedangkan kelompok kedua tidak menggunakan video sebagai media pembelajaran (kelompok
kontrol). Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah
angkatan 2014 semester II Grup A. Data yang didapat adalah hasil evaluasi kemampuan
keterampilan klinis mahasiswa di dua kelompok (kontrol dan eksperimen) dengan menggunakan
alat ukur cek list lembar pengamatan prosedur vena punksi. Berdasarkan hasil uji normalitas
Shapiro Wilk didapat bahwa data berdistribusi tidak normal, maka digunakan Mann Whitney Test
pada dengan bantuan SPSS. Hasil Mann Whitney Test adalah Sig. 0.28 berarti α < 0,05, sehingga
kesimpulannya adalah ada perbedaan rata-rata kelompok kontrol dan eksperimen. Simpulan,
terdapat perbedaan penguasaan keterampilan klinis vena punksi pada mahasiswa semester II
dengan metode demonstrasi dan study guide dengan dan tanpa video.
Kata kunci: keterampilan klinis, video

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3302

Article Metrics

Abstract view : 467 times
PDF - 802 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.