Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Inkuiri Siswa Kelas IV SD Negeri 106816 MARINDAL II Kecamatan Patumbak

Syahril Sitorus

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh suatu gambaran dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan untuk memperoleh suatu gambaran dalam peningkatan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 106816 Marindal II Kecamatan Patumbak  pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui pendekatan inkuiri. Dari hasil pengamatan dan data yang diperoleh pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 106816 Marindal II Kecamatan Patumbak, menunjukkan proses pembelajaran di kelas dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui metode pendekatan inkuiri, rnemperoleh informasi tentang tingkat keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, tanggapan guru dan siswa setelah pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan melalui: Tes,  Observasi, Wawancara, dan  Angket respon siswa. Dari hasil analisis data terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan inkuiri diperoleh hasil bahwa lebih tinggi siklus 2 dibanding dengan siklus 1. Dalam pembelajaran IPS melalui pendekatan inkuiri, guru terlebih dahulu menciptakan suasana kelas yang demokratis dan menyenangkan sehingga pendapat dapat diungkapkan secara bebas dan baik.  Penelitian tindakan kelas dengan penggunaan pendekatan inkuiri dapat lebih meningkatkan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS , Penggunaan pendekatan inkuiri dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS , Guru memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran IPS dengan pendekatan inkuiri. Sebab guru merasakan tidak lagi sebagai pusat pembelajaran yang menjemukan, tetapi guru hanyalah sebagai fasilitator dalam pembelajaran, dan Siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran IPS dengan pendekatan inkuiri. Tercermin dari tanggapan siswa terhadap angket yang di berikan dan dijawab oleh siswa. Hal ini menggambarkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan inkuiri telah mampu menyentuh langsung dengan keinginan siswa itu sendiri dalam mengembangkan pengetahuan siswa. Dari hasil yang diperoleh, bahwa yang perlu diperbaiki pada tindakan di siklus 2 adalah perlu adanya bimbingan secara khusus siswa yang kerjanya agak lambat daripada temannya kemudian bagi siswa yang cepat penalarannya dalam berpikir kritis akan diberikan tambahan soal yang lebih menantang. Kepada pihak sekolah sebelum melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dapat mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai seperti media pembelajaran, karena pendekatan inkuiri mengharuskan keterlibatan siswa secara langsung.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v3i1.1212

Article Metrics

Abstract view : 730 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by

 

Department of Primary Education
Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319




Creative Commons License
Jurnal Tematik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.