FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEMISKINAN DESA DI KECAMATAN LEUSER KABUPATEN ACEH TENGGARA

Yuslinawati Yus linawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kemiskinan desa di Kecamatan Leuser Kabupaten Aceh Tenggara.Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Leuser. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh desa yang ada di Kecamatan Leuser dengan jumlah 23 desa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 3 desa yaitu : Desa Alga Musara, Desa Sepakat dan Desa Harapan. Data dikumpulkan melalui komunikasi tidak langsung, observasi, dan studi dokumentasi dan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  ada 7 (tujuh) faktor yang menyebabkan kemiskinan desa di Kecamatan Leuser Kabupaten Aceh Tenggara, yaitu 1) jalan utama desa dan transportasi tidak memadai serta tidak adamya pasar tradisional di masing-masing desa dan hanya ada di ibukota Kecamatan, 2) tingkat pendidikan penduduk yang masih rendah, 3) kurangnya fasilitas pendidikan, 4) kurangnya fasilitas kesehatan, 5) Luas lahan yang sedikit serta status kepemilikan lahan milik orang lain, 6) minimnya utilitas umum, 7) tidak ada tenaga kesehatan yang tinggal di desa.

Kata kunci : faktor-faktor, kemiskinan desa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.474

Article Metrics

Abstract view : 4972 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.