ANALISIS KEHIDUPAN ANAK USIA SEKOLAH PADA MASYARAKAT NELAYAN DI DESA BINASI KECAMATAN SORKAM BARAT KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Arjuna Saruksuk

Abstract


ABSTRAK

Arjuna Saruksuk. 071233320083. Analisis Kehidupan Anak Usia Sekolah Pada Masyarakat Nelayan di Desa Binasi Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Unimed.                                                                                                                Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui faktor yang melatar belakangi anak usia sekolah bekerja pada masyarakat nelayan di Desa Binasi, 2) Mengetahui jenis pekerjaan yang dilakukan oleh anak usia sekolah pada masyarakat nelayan di Desa Binasi.                                                                          Penelitian ini dilaksanakan di Desa Binasi Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak nelayan usia 7 – 19 tahun yang tidak sekolah dan sudah bekerja pada masyarakat nelayan di Desa Binasi Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah yang berjumlah 58 orang, dan diambil semua menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket,  wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.                                    Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor ekonomi yang tidak memungkinkan menyebabkan anak secara sadar ikut membantu meringankan beban ekonomi keluarganya, sosial budaya yang berkembang sekolah bukanlah sesuatu hal yang menjanjikan untuk menjadikan hidup lebih baik, dan faktor dari orang tua  dimana pendidikan orang tua responden rata – rata Sekolah Dasar dan sangat  mempengaruhi cara pandang mereka dalam mendidik anak – anaknya. (2) Mereka melakukan berbagai pekerjaan yaitu membersihkan kapal yaitu dilakukan setiap harinya pada saat kapal pulang dari melaut, kemudian membongkar dan menyortir ikan yaitu memisahkan antara ikan yang berbeda jenis dan kualitasnya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.486

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.