PENGARUH PENDIDIKAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR EDUCATION) TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

Penulis

  • Muhammad Chairad FIK Unimed
  • Bangun Setia Hasibuan FIK Unimed
  • Zen Fadli FIK Unimed
  • Iwan Saputra FIK Unimed

DOI:

https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12296

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab apakah penerapan pendidikan di luar kelas mampu memberikan pengaruh keterampilan sosial (karakter) para siswa. jika tidak penelitian ini juga berusaha untuk menjawab apakah ada perubahan yang terjadi setelah dilakukan pembelajaran dan untuk dalam jangka waktu tertentu pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pengembangan karakter adalah suatu hal yang sangat urgen bagi siswa yang harus dilakukan secara terintegrasi dalam proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional yang telah dituangkan dalam kurikulum nasional. Penelitian deskriptif ini menggunakan desain quasi eksperimen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t, untuk mengetahui pengaruh pendidikan di luar kelas terhadap pengembangan keterampilan sosial (karakter).

Biografi Penulis

Muhammad Chairad, FIK Unimed

Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi

Bangun Setia Hasibuan, FIK Unimed

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Zen Fadli, FIK Unimed

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Iwan Saputra, FIK Unimed

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Diterbitkan

2019-05-22

Cara Mengutip

Chairad, M., Hasibuan, B. S., Fadli, Z., & Saputra, I. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR EDUCATION) TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 17(2), 1–5. https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12296