PENGARUH PENDIDIKAN DI LUAR KELAS (OUTDOOR EDUCATION) TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

Muhammad Chairad, Bangun Setia Hasibuan, Zen Fadli, Iwan Saputra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab apakah penerapan pendidikan di luar kelas mampu memberikan pengaruh keterampilan sosial (karakter) para siswa. jika tidak penelitian ini juga berusaha untuk menjawab apakah ada perubahan yang terjadi setelah dilakukan pembelajaran dan untuk dalam jangka waktu tertentu pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pengembangan karakter adalah suatu hal yang sangat urgen bagi siswa yang harus dilakukan secara terintegrasi dalam proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional yang telah dituangkan dalam kurikulum nasional. Penelitian deskriptif ini menggunakan desain quasi eksperimen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t, untuk mengetahui pengaruh pendidikan di luar kelas terhadap pengembangan keterampilan sosial (karakter).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12296

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter