IDENTIFIKASI TINGKAT KETERAMPILAN SEPAK BOLA SISWA PUTRA KELAS V SDN MONTA KECAMATAN MONTA KABUPATEN BIMA TAHUN AJARAN 2018-2019

Dilli Dwi Kuswoyo

Abstract


Identifikasi tingkat keterampilan sepak bola siswa Putra kelas V SDN Monta Kecamatan Monta Kabupaten Bima tahun ajaran 2018-2019. Adapun kendala dan kekurangan terhadap keterampilan dari siswa laki-laki dalam bermain bola yaitu: Kurang memahami cara lemparan kedalam, Passing dan mengumpan pada teman kurang akurat, dan Kerja sama tim belum terlalu di kuasai siswa  pada keterampilan dasar yang baik dalam bermain sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain sepak bola siswa putra kelas V SDN Monta Kabupaten Bima.Peneletian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes keterampilan. Sumber data dalam penelitian  ini adalah seluruh siswa putra kelas VI SDN Monta tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Teknik analisa data ini menggunakan teknik analisa deskriptif dengan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan dasar bermain sepak bola siswa putra kelas V SDN Monta tidak ada yang berkategori baik sekali dan baik atau 0%, 55,55% berkategori sedang, 38,89% berkategori kurang, dan 5,56% berkategori kurang sekali itu di karenakan kualitas yang di miliki oleh siswa kelas V SDN Monta hanyalah sedikit memahami tekhnik dasar dari permainan sepak bola ini sehingga hasil yang di tempuh hanyalah setengah saja.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12297

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 324 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter