ANALISIS GERAK MOTORIK KASAR PADA PERMAINAN LOMPAT TALI TERHADAP PRESTASI SISWA PUTRA DALAM LOMPAT JAUH PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALIBELO

Shutan Arie Shandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh gerak motorik kasar pada permainan lompat tali terhadap prestasi siswa putra dalam lompat jauh pada kelas VIII SMP Negeri 2 Palibelo Kabupaten Bima. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Palibelo Kabupaten Bima pada semua siswa putra kelas VIII dengan jumlah populasi 56 orang siswa putra. Sampel yang di ambil adalah seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 56 orang siswa putra. Adapun tehnik pengumpulan data adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan tes perbuatan. Untuk mengetahui pengaruh gerak motorik kesar pada permainan lompat tali terhadap prestasi siswa putra dalam lompat jauh diperlukan sarana dan prasana yang lengkap dan baik.

Tekhnik analisis data yang digunakan adalah rumus statistik regresi linear sederhana, diperoleh persamaan Y = a + b (47,509 0,311), a = 47,509 artinya bersamanya  nilai konstanta variabel prestasi lompat jauh (Y) tampa ada pengaruh dari fariabel gerak motorik kasar pada permainan lompat tali (X) sedangkan b = 0,311 artinya angka ini menunjukan bahwa setiap penurunan atau peningkatan sebesar satu satuan jenjang kriteria variabel gerak motorik kasar pada permainan lompat tali (X) akan memberikan pengaruh peningkatan atau penurunan terhadap penurunan variabel prestasi lompat jauh (Y) sebesar 0,31 satuan jenjang kriteria, sehingga semakin cepat gerak motorik kasar pada permaianan lompat tali seseorang (siswa), maka semakin tinggi lompatannya dalam melakukan lompat jauh. maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan KP kontribusi atau pengaruh sebesar 49%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gerak motorik kasar pada permainan lompat tali terhadap prestasi siswa putra dalam lompat jauh pada kelas VIII SMP Negeri 2 Palibelo Kabupaten Bima tahun pelajaran 2012/2013.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v17i2.12301

Article Metrics

Abstract view : 353 times
PDF - 1028 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter