UJI INSTRUMEN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA

Abdul Salam Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitas instrumen Efektivitas Model Pembelajaran  Atletik Nomer Lari Berbasis Permainan melibatkan siswa SDN Tanjungpura VI Karawangsebagai sampel penelitian yang terdiri dari 20 mahasiswa.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen lari cepat yang digunakan untuk mengumpulkan data subjek, hasil uji validitas intrumen lari cepatsebesar 0,953, sedangakan hasil uji reabilitas instrumen lari cepatsebesar 0,919. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas  maka intrument lari cepat dapat layak digunakan. Peneliti menyarankan agar instrumen instrumen lari cepatdigunakan oleh guru untuk mengukur keterampilan lari jarak pendek khususnya sekolah dasar di daerah Karawang Jawa Barat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitas instrumen Efektivitas Model Pembelajaran  Atletik Nomer Lari Berbasis Permainan melibatkan siswa SDN Tanjungpura VI Karawangsebagai sampel penelitian yang terdiri dari 20 mahasiswa.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen lari cepat yang digunakan untuk mengumpulkan data subjek, hasil uji validitas intrumen lari cepatsebesar 0,953, sedangakan hasil uji reabilitas instrumen lari cepatsebesar 0,919. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas  maka intrument lari cepat dapat layak digunakan. Peneliti menyarankan agar instrumen instrumen lari cepatdigunakan oleh guru untuk mengukur keterampilan lari jarak pendek khususnya sekolah dasar di daerah Karawang Jawa Barat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v18i1.14298

Article Metrics

Abstract view : 566 times
PDF - 568 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter