PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 27 MEDAN TP. 2018/2019

Penulis

  • Suzianto Suzianto SMP Negeri 27 Medan
  • Suryadi Damanik FIK Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jik.v18i1.14302

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui Model Probelem Based Learning pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 27 Medan TP. 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 22 orang siswa putra dan 10 orang siswa putri. Penelitian ini menerapkan 2 siklus dan fokus pada 4 tahap : perencanaan, penerapan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Berdasarkan  hasil analisis data kuantitatif pada siklus I diperoleh 21 siswa (65,62%) tuntas, sedangkan 11 siswa (34,38%) tidak tuntas dengan rata-rata nilai 73,17, dengan KKM 75.Berdasarkan hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampun berfikir dalam memecahkan masalah secara konsep akan tetapi mengiplementasikan kedalam bentuk gerak masih belum optimal.Solusi yang dipilih adalah memperbaiki proses pada siklus berikutnya melalui penguatan dalam proses menggali informasi dan pengayaan gerak dengan penambahan alokasi waktu serta pendampingan secara intensif oleh guru. Terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus II,  yaitu 28 siswa (87,50%) siswa tuntas dengan rata-rata nilai 80,72. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 27 Medan T.P 2018/2019.

Biografi Penulis

Suryadi Damanik, FIK Universitas Negeri Medan

Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi

Diterbitkan

2019-06-30

Cara Mengutip

Suzianto, S., & Damanik, S. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 27 MEDAN TP. 2018/2019. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 18(1), 14–24. https://doi.org/10.24114/jik.v18i1.14302