PERBEDAAN PENGARUH GAYA MENGAJAR CAKUPAN DAN GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENENDANG BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BINJAI UTARA

Ibrahim Ibrahim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh gaya mengajar cakupan dan gaya mengajar latihan terhadap kemampuan menendang dalam permainan sepak bola pada siswa kelas V SD Negeri Kecamatan Binjai Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan  teknik tes dan pengukuran berdasarkan lembaran fortofolio pembelajaran menendang dalam permainan sepak bola. Penilaian terhadap Kemampuan menendang sampel dilakukan oleh seorang yang berkompeten dalam olahraga sepak bola, dan dilakukan melalui lembaran fortofolio.

               Berdasarkan hasil uji hipotesis pertama diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (10,722>1,796), sehingga dapat disimpulkan bahwa Gaya Mengajar Cakupan berpengaruh terhadap Kemampuan Menendang Bola Dalam Permainan Sepak Bola  Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Binjai Utara. Hasil uji hipotesis kedua diperoleh nilai t-hitung > t-tabel (9,576>1,796), sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar latihan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menendang bola Pada Olahraga Sepak Bola  Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Binjai Utara. Hasil uji hipotesis ketiga diperoleh nilai thitung > t-tabel (2,267>2,074) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar cakupan memberikan pengaruh yang lebih baik daripada Gaya mengajar Latihan terhadap kemampuan menendang bola Pada Olahraga Sepak Bola  Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kecamatan Binjai Utara.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v18i1.14309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter