UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Dewi Anggraini Hutabarat, Usman Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling dalam permainan bola basket melalui model problem based learning pada siswa kelas XI SMK Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas XI yang terdiri dari 28 siswa, objek dalam penelitian ini adalah menggunakan model problem based learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses dribblimh  bola basket. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dribbling  bola basket. Setelah siklus I  dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 18 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 64,28% dengan nilai rata-rata 7,42, dan terdapat 10 orang belum tuntas yaitu sebesar 35,72% . Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari 28 orang siswa terdapat 24  siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 85,71% dengan nilai rata-rata 8,95, dan terdapat 4 orang siswa belum tuntas yaitu sebesar 14,29%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dribbling dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI SMK Swasta Jambi  Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v18i2.15849

Article Metrics

Abstract view : 490 times
PDF - 608 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter