STUDENT ENGAGEMENT DALAM PENERAPAN E-LEARNINGPADA PEMBELAJARAN PSIKOLOGI OLAHRAGA DI PJKR FIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Doris Apriani Ritonga, Agung Sunarno, Chairul Azmi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan media e-learning dapat meningkatkan student engagement dengan menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah mahasiswaJurusanPJKR,FIK Universitas Negeri Medanpada matakuliah Psikologi Olahraga.Variabel independen adalah pembelajaran e-learningmenggunakan aplikasi Edmodo. Variabel dependen adalah student engagement mahasiswa dalam belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pengukuran student engagement dengan dua kali pengukuran yaitu pretes dan post test. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil pengujian data menunjukkan perbedaan tingkat student engagement hasil post tes kelompok kontrol dan eksperimen sebesar 1,19, memiliki nilai signifikansi sebesar 0,626 > 0,05, sehingga dapat dinyatakan tingkat student engagement setelah dilakukan pembelajaran e-learning pada kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol adalah sama (setara) secara statistik. Hasil pengujian data masing-masing kelompok menunjukkan tingkat student engagement pada kelompok kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional mengalami penurunan tingkat student engagement dari 106,69 menjadi 105,75, turun 0,938  poin dari kondisi sebelum mendapatkan pembelajaran, dengan nilai signifikasi sebesar 0,652 > 0,05 sehingga disimpulkan tidak ada kenaikan tingkat student engagement sebelum dan sesudah pembelajaran. Tingkat student engagement pada kelompok eksperimen yang mendapat pembelajaran e-learning denganedmodomengalami peningkatan student engagement dari 104,00 menjadi 106,94, naik 2,934 poin dari kondisi sebelum mendapatkan pembelajarane-learning,dengan nilai signifikasi sebesar 0,008 < 0,05 sehingga disimpulkan ada kenaikan tingkat student engagementdari sebelum dan sesudah pembelajaran dengan e-learning Edmodo. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa e-learning mampu meningkatkan student engagement pada kelompok eksperimen yaitu kelas PJKR, FIK Universitas Negeri Medan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v18i2.15853

Article Metrics

Abstract view : 573 times
PDF - 630 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter