MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar melalui aktivitas bermain yang layak dan relevan bagi karakteristik anak tunagrahita ringan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi, (2) analisis hasil informasi, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba skala kecil, (6) revisi, (7) uji coba skala besar, (8) revisi akhir, (9) pembuatan produk final, dan (10) diseminasi dan implementasi produk final. Subjek penelitian terdiri dari 8 orang siswa dan 4 orang guru SDLB C Karya Ibu Palembang pada kelompok kecil, 21 orang siswa dan 4 orang guru dari ketiga SDLB yang melayani anak tunagrahita di Kota Palembang pada kelompok besar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) angket untuk 4 orang Ahli, (2) lembar kuesioner untuk Guru PJOK. Teknik analisa data menggunakan Content Validity Index (CVI) dan Conten Validity Ratio (CVR). Hasil uji CVR menunjukkan skor 0,6 yang berarti model permainan yang dikembangkan sesuai atau relevan serta memiliki validitas isi yang tinggi untuk pembelajaran gerak dasar bagi anak tunagrahita ringan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jik.v18i2.15854
Article Metrics
Abstract view : 474 timesPDF - 635 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN