PENGARUH SMALL SIDED GAMES TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA BERDASARKAN TINGKAT MOTOR EDUCABILITY

Rahmat Ambri Kristianto, Tite Juliantine, Nuryadi Nuryadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bermain sepakbola dikalangan usia 13 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Small Sided Games pada siswa yang memiliki motor educability tinggi dan motor educability rendah terhadap hasil keterampilan bermain sepakbola siswa akademi Inspire FC. Metode penelitian ini menggunakan desain factorial 2x2. Populasi dari penelitian ini adalah seluruhsiswa akademi Inspire fc usia 13 tahun yang aktif berlatih. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Game Performance Evaluation Tool (GPET).Hasil penelitian menunjukkan bahwa . 1) Terdapatperbedaan pengaruh keterampilan bermain sepakbola berdasarkan tingkat Motor Educability;2) Terdapat pengaruh latihan SSG dengan latihan Coerver pada kelompok tingkat ME tinggi terhadap keterampilan bermain sepakbola;3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh latihan SSG dengan Coerver pada kelompok tingkat ME rendah terhadap keterampilan bermain sepakbola.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.18447

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 199 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter