IMPELEMENTASI SPORT EDUCATION MODEL DAN FAIR PLAY GAME TERHADAP SOCIAL SKILL SISWA DAN KETERAMPILAN BERMAIN TENIS MEJA

Wahyudi Ahmad Yuniyar, Nurlan Kusmaedi, Tite Juliantine

Abstract


Pembelajaran pendidikan jasmani memiliki berbagai pelajaran yang dapat diaplikasikan dengan baik kepada siswanya, pengaplikasian sering kali terhambat karena rencana serta model yang digunakan tidak sesuai dalam pembelajaran, sehingga keterampilan sosial serta keterampilan bermain tenis meja tidak ada perubahan ke arah lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengtahui adanya peningkatan atau tidak dengan menggunakan sport education model dan fair play game terhadap keterampilan sosial siswa dan keterampilan bermain tenis meja pada siswa kelas 8 sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dengan menggunakan eksperimen, desain the randomized pretest-posttest control group dsesign. Instrumen yang digunakan adalah instrument validitas sosial, tes keterampilan bermain tenis meja. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam kelompok eksperimen dengan menggunakan Sport Education Model dan fair play game untuk keterampilan sosial siswa sebesar 60% dan keterampilan bermain tenis meja sebesar 43%, sebaliknya kelompok kontrol yang menggunakan Sport Education Model denganĀ  pendekatan tradisional untuk ketrampilan sosial siswa adanya peningkatan sebesar 10% sedangkan untuk keterampilan tenis meja 58%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Sport Education Model dan fair play game dan dengan pendekatan tradisional dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa dan keterampilan bermain tenis meja.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.18456

Article Metrics

Abstract view : 231 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter