PERAN SARANA PRASARANA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN

Badaruddin Badaruddin, Muhammad Rusli

Abstract


Penelitian ini di laksanakan di Kabupaten Wakatobi, populasi dan sampel adalah Guru-Guru pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dengan menggunakan sampel wilayah sebanyak tiga kecamatan dan sebanyak 50 Sekolah Dasar dan sampel obyek sebanyak 58 orang Guru Pendidikan Jasmani dan kesehatan di Sekolah dasar.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan presentase hasil wawancara dan data lapangan atau observasi sesuai data nyata. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan sarana prasarana sebagai media mengajar, peralatan olahraga dan prasarana menunjukkan hasil sebagai berikut :1) Sarana yang digunakan sebagai media pendidikan untuk kegiatan belajar baik teori dan praktik pendidikan jasmani dan kesehatan. Pengadaan sarana prasarana sebagai media mengajar, peralatan Olahraga dan prasarana menunjukkan hasil sebagai berikut :1).Pengadaan sarana sebagai media pendidikan untuk kegiatan belajar baik teori dan praktik pendidikan jasmani dan kesehatan, 2). Pengadaan sarana sebagai media olahraga, untuk kegiatan mengajar praktik olahraga dan kesehatan. Dengan demikian penelitian ini disimpulkan bahwa Pengadaan sarana prasarana, harus mendapat perhatian sebab kenyataan kegiatan pendidikan kurang dapat berjalan dengan baik dan lancar kerena keterbatasan peralatan yang mendukung.Serta perlu ditunjang oleh kemampuan tenaga pendidik yang lebih profesional dan memahami materi yang akan diajarkan, sebab masih banyak tenaga pendidik yang tidak sesuai dengan bidang kompetensinya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.18462

Article Metrics

Abstract view : 928 times
PDF - 756 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter