Model Pembelajaran Renang Gaya Bebas Pada Tunarungu Berbasis Audio Visual

Daud Al Amin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran renang gaya bebas pada tunarungu berbasis audio visual. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa sekolah dasar tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil validasi pakar dan uji efektivitas melalui instrument penilaian dengan analisis data statistik uji-t. Hasil penelitian dan pengembangan model pembelajaran renang gaya bebas pada tunarungu berbasis audio visual menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran renang gaya bebas berbasis audio visual untuk siswa tunarungu Sekolah Dasar signifikan meningkatkan keterampilan renang gaya bebas siswa, (2) Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test 10.55 dan rata-rata post test 16.20 standart deviasi pre test 2.075 dan post test 1.814 rata-rata pre test dan post test -5.650 dan standart deviasi 1.075 nilai t -33.229 taraf signifikasni 0,05 karena H0 ditolak dapat dikatakan bahwa model pembelajaran renang gaya bebas pada tunarungu berbasis audio visual. dapat meningkatkan renang gaya bebas serta efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran renang gaya bebas untuk siswa tunarungu sekolah dasar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v19i2.21816

Article Metrics

Abstract view : 159 times
PDF - 369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter